Cara Melakukkan Riset Kata Kunci (Keyword)

Teknik SEO merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk tujuan membuat sebuah website berada di halaman pertama mesin pencarian atau bahkan di posisi paling atas di mesin pencarian. Dalam teknik ini, metode yang digunakan pun sangat beragam, salah satunya adalah dengan mengoptimalkan kata kunci atau keyword. 

Untuk bisa memaksimalkan keyword ini, juga perlu dilakukan proses riset kata kunci. Berikut ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara riset kata kunci dan faktor apa saja yang harus diperhatikan saat riset keyword ini. 

Cara Melakukkan Riset Kata Kunci (Keyword)


Tools yang Bisa Digunakan sebagai Cara Riset Kata Kunci 

Jika Anda melakukan pencarian di mesin pencari dengan kata kunci tertentu, biasanya akan ditampilkan secara otomatis berbagai hasil pencarian yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Lalu, pasti ada yang berada di posisi paling atas, yang notabene akan diklik paling awal oleh pengguna. 

Nah, untuk bisa berada di posisi teratas ini harus ada trik dan strategi khusus. Caranya harus dilakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Melakukan riset kata kunci sangat penting dalam teknik SEO karena kata kunci atau keyword yang sesuai akan sangat mempengaruhi performa website. 

Karena itu pemilihan kata kunci sangat berpengaruh. Sebelum memilih kata kunci, perlu dilakukan riset kata kunci. Cara Riset kata kunci ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan beberapa tools berikut.

1. Google Trends 

Google bukan hanya menjadi mesin pencarian populer bagi pengguna internet dengan fitur lengkap. Salah satunya adalah fitur Google Trends yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan riset kata kunci. Layanan ini bahkan bisa dimanfaatkan secara gratis oleh pengguna. 

Tools ini memungkinkan Anda untuk mengetahui semua hal terkait keyword atau hal yang ingin Anda temukan di mesin pencarian. Saat menggunakan tools ini, Anda harus menentukan lokasi sesuai target. Setelah itu, 

temukan keyword yang Anda inginkan, maka selanjutnya Anda akan mendapatkan grafik keyword dan pergerakannya mulai dari 1 jam terakhir hingga 5 tahun sebelumnya. Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang keyword paling populer di internet. 

Tak hanya itu, tools ini juga menyediakan long tail keyword untuk berkaitan dengan kata kunci yang Anda masukkan sebelumnya.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel yang SEO

2. Ubbersuggest 

Tools ini juga merupakan salah satu cara riset kata kunci yang bisa Anda manfaatkan tanpa berbayar. Riset keyword dengan Ubbersuggest juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengakses situs Ubbersuggest, kemudian masukkan keyword yang ingin Anda riset. 

Jangan lupa mengatur negara target keyword. Setelah itu Ubbersuggest akan menampilkan volume pencarian atas keyword terkait, kadar kesulitan dari keyword tersebut beserta saran kata kunci terkait yang bisa Anda gunakan.

Agar riset keyword yang Anda lakukan bisa menampilkan informasi lebih lengkap seperti yang disebutkan sebelumnya, dari hasil pencarian keyword yang ada tinggal klik salah satunya. Setelah itu akan muncul informasi lengkap tentang keyword yang Anda butuhkan. 

Mulai dari volume pencarian, tingkat kesulitan serta sarat keyword yang terkait. Untuk tingkat kesulitan, semakin besar angkanya, maka itu artinya akan semakin sulit pula keyword tersebut berada di halaman pertama pencarian.

3. Google Keyword Planner 

Tools dari Google selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara riset kata kunci adalah Google Keyword Planner. Tools ini bermanfaat untuk mengetahui estimasi trafik dari keyword yang Anda gunakan. 

Baca Juga : Langkah-langkah Membuat Blog

Selain itu juga akan membantu Anda menemukan keyword yang relevan dengan niche website Anda. Yang lebih menguntungkan lagi adalah karena tools ini bisa Anda manfaatkan secara gratis.

4. Google Related Search 

Tools selanjutnya masih disediakan oleh Google yaitu Google Related Search. Cara ini biasanya digunakan oleh blogger pemula ataupun profesional untuk menguji hasil keyword riset dari tools lainnya. 

Biasanya, ketika Anda mengetikkan kata kunci yang akan dilakukan riset, Google tidak hanya akan menampilkan hasil pencarian dengan keyword yang diketikkan saja. Google juga akan menampilkan saran berupa long tail keyword yang berkaitan dengan keyword yang Anda ketikkan tadi. 

Hasilnya akan ditampilkan secara real time. Sama seperti tools dari Google lainnya, Tools ini selain mudah digunakan juga bisa Anda manfaatkan secara gratis. 

Komponen Penting dalam Cara Riset Kata Kunci

Tidak hanya mengetahui cara riset kata kunci yang tepat untuk meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencarian, ada beberapa faktor lain terkait riset kata kunci yang harus Anda perhatikan.

Umumnya ada 4 komponen penting yang harus Anda perhatikan saat melakukan riset kata kunci. Berikut adalah keempat komponen tersebut.

1. Volume Pencarian (Search Volume) 

Volume pencarian adalah komponen riset kata kunci yang berkaitan dengan seberapa sering atau seberapa banyak kata kunci tersebut dicari di mesin pencarian dalam kurun waktu tertentu. Berbagai tools yang sudah disebutkan sebelumnya juga sudah menyediakan informasi ini. 

Umumnya, kurun waktu yang dijadikan indikator pada komponen ini adalah dalam satu bulan. Maka jumlah kata kunci yang dicari di mesin pencarian dalam satu bulan.

2. Tingkat Kesulitan Kata Kunci (Keywords Difficulty) 

Komponen selanjutnya yang juga menjadi komponen penting dalam cara riset kata kunci menggunakan berbagai tools yang tersedia adalah tingkat kesulitan dari keyword. Maksudnya tingkat kesulitan disini adalah tingkat kesulitan dari sebuah keyword untuk masuk di halaman pertama atau di posisi teratas mesin pencarian. 

Tingkat kesulitan ini biasanya ditunjukkan dalam indikator angka mulai dari 0-100. Semakin besar angkanya, maka semakin sulit masuk ke halaman pertama mesin pencarian. Beberapa tools riset keyword juga menampilkan informasi ini pada hasil risetnya. 

Tingkat kesulitan ini akan semakin besar apabila website yang Anda kelola tergolong website yang baru didirikan. Hal tersebut dikarenakan mesin pencarian masih harus mengenali website tersebut dan mempercayainya. 

Karena itu, diperlukan trafik yang besar dalam waktu yang lama pula agar website bisa lebih mudah dikenali oleh mesin pencarian.

3. Kata Kunci yang Disarankan (Suggestion) 

Komponen selanjutnya yang sangat berperan dalam cara riset kata kunci adalah kata kunci yang disarankan atau suggestion. Suggestion ini berhubungan dengan apa yang bisa Anda lakukan dengan kata kunci tersebut. Mesin pencarian biasanya akan memberikan suggestion atau saran yang relevan dengan kata kunci tersebut. 

Maka, ketika Anda mengetikkan sebuah keyword, biasanya akan langsung ditampilkan suggestion terkait keyword tersebut di bagian bawahnya. Untuk komponen ini juga sudah tersedia pada beberapa tools riset kata kunci yang sudah dijelaskan di atas.

4. Search Engine Result Page (Halaman Hasil Pencarian) 

Komponen terakhir ini adalah halaman hasil pencarian yang merupakan halaman-halaman dengan peringkat paling atas saat Anda mengetikkan kata kunci tertentu. Dengan adanya halaman hasil pencarian ini akan memungkinkan Anda untuk mengetahui kualitas dari laman atau website lain yang berada di halaman pertama mesin pencarian serta di posisi paling atas mesin pencarian. 

Baca Juga : Perbedaan Bisnis Online dan Offline

Membuat website berada di halaman pertama mesin pencarian, bahkan di posisi teratas memang membutuhkan strategi khusus. Dengan mengoptimasi website Anda, maka bukan tidak mungkin membuat website Anda berada di halaman pertama mesin pencarian. 

Salah satunya adalah dengan mengoptimasi kata kunci. Optimasi kata kunci juga harus melalui riset terlebih dahulu agar pemilihan kata kunci bisa tepat sasaran. Karena itu, cara riset kata kunci atau keyword di atas bisa Anda ikuti untuk meningkatkan trafik website Anda melalui penggunaan kata kunci. 

Demikian pembahasan tentang cara melakukkan riset kata kunci (Keyword), Selamat mencoba, dengan mencoba akan membuka pintu pengetahuan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel